Kiat Perawatan dan Perbaikan Mesin Bor Duduk

ngulasmerk

Mesin bor menjadi salah satu alat bantu yang penting untuk berbagai pekerjaan dan industri. Alat ini dapat membantu proses pelubangan pada permukaan kayu, tembok, bahkan logam dan besi. Tentunya, perawatan dan perbaikan mesin bor duduk maupun jenis lainnya perlu diperhatikan dengan seksama.

Ya, sudah semestinya mesin bor mendapatkan perawatan yang tepat. Jika rusak, tentunya juga harus diperbaiki dengan baik. Tidak hanya karena harganya tinggi, namun juga akan mendukung usia pakai yang lebih lama alias awet.

Perawatan Mesin Bor

Sebagai sebuah mesin yang berguna bagi banyak pekerja, mesin bor memang membutuhkan perawatan yang khusus. Kendati demikian, Anda juga bisa menjalankan sejumlah perawatan standar untuk membuat kinerjanya semakin baik.

Membersihkan mesin bor setelah digunakan

Membersihkan seluruh bagian bodi mesin bor setelah menggunakannya merupakan bentuk perawatan dasar dari setiap peralatan tukang. Pembersihan ini tidak harus terlalu ribet di mana Anda hanya perlu mengelap semua permukaannya dengan kain yang bersih.

Tentunya, pembersihan ini bisa mencegah terjadinya karat atau korosi. Hal ini karena pembersihan dilakukan dengan menyeka debu dan kotoran yang menempel, serta menjaga permukaan luar mesin tetap kering. Apabila ada permukaan yang mulai berkarat, bersihkan dengan sikat kuningan lalu lumuri dengan minyak pelumas.

Selain itu, pastikan kabel mesin bor digulung dengan baik dan tidak sembarangan. Kabel yang digulung dengan asal-asalan akan berisiko putusnya kawat tembaga di dalam kabel tersebut. Pastikan juga kondisi kabel dalam keadaan kering dan jika ada yang terkelupas, segeralah perbaiki.

Baca Juga :  Rekomendasi 8 Merk Nat Keramik yang Bagus Beserta Harganya

Lakukan penyimpanan secara benar

Penyimpanan sehari-hari juga menjadi salah satu jenis perawatan dan perbaikan mesin bor duduk maupun jenis mesin lainnya. Untuk penyimpanan sehari-hari, Anda dapat membiarkan semua aksesoris mesin tetap terpasang supaya lebih mudah dipakai nantinya.

Berbeda halnya jika Anda akan menyimpan mesin tersebut dalam waktu yang lebih lama seperti seminggu, sebaiknya lepaskan semua aksesoris pelengkapnya terlebih dahulu. Terlebih, aksesoris mesin bor umumnya bersifat rapuh dan mudah berkarat sehingga Anda perlu menyimpannya secara terpisah.

Selanjutnya, pastikan juga Anda menyimpan mata bor di ruangan dengan sirkulasi udara yang lancar dan tidak lembab. Terlebih, kelembaban udara yang tinggi merupakan musuh utama dari alat-alat pertukangan apapun. Pastikan juga posisi switch tidak dalam kondisi tertekan.

Memakai mesin bor sesuai jenisnya

Ada beragam jenis mesin bor yang digunakan sesuai kebutuhannya masing-masing. Tidak hanya mesin bor tangan saja, namun juga ada mesin bor meja, radial, koordinat, dan sebagainya. Oleh karena itu, penggunaan mesin bor yang sesuai dengan jenisnya sangat penting.

Hal ini juga akan mengurangi kerusakan pada motor listrik mesin dari beban kerja yang berlebihan. Jika tidak digunakan secara tepat, tentu saja akan membuat mesin bor tersebut mudah rusak.

Sebagai contoh, jangan pernah menggunakan mesin bor khusus besi untuk mengebor permukaan bor. Selain karena hasilnya akan cenderung kurang rapi, mesin bor tersebut juga akan rentan mengalami kerusakan sehingga tidak akan menjadi awet.

Pemasangan aksesoris yang sesuai

Langkah perawatan dan perbaikan mesin bor duduk selanjutnya bisa melalui pemasangan aksesoris yang lebih sesuai. Tentunya, Anda harus menggunakan aksesoris yang sesuai dengan desain mesin bor Anda. Dengan kata lain, jangan sekali-kali memasang alat pelengkap yang kurang tepat.

Baca Juga :  Mengenal 12 Faktor Penyebab Pipa AC Beku

Jika tidak sesuai, maka hal ini akan membuat aksesoris tersebut tidak dapat terpasang dengan baik dan malah akan merusak mesin tersebut. Contohnya saja, pemakaian mata bor yang sudah tumpul akan memaksa mesin bekerja keras dengan hasil yang kurang optimal.

Lepaskan mata bor dengan benar

Semua alat pertukangan tentu saja akan cepat rusak jika tidak digunakan secara bijak, bahkan jika dipakai dengan kasar. Sebagai contoh, ketika ingin melepaskan mata bor. Jika Anda ingin membuka dan melepaskan mata bor tersebut, gunakan alat khusus yang sudah dirancang khusus.

Selalu lepaskan mata bor dan aksesorisnya setelah selesai digunakan. Caranya cukup sederhana, yakni dengan melepas aksesoris seperti gagang tambahan dengan hati-hati. Tentunya, mesin bor juga akan lebih mudah dibersihkan jika semuanya terlepas dengan baik.

Menyerahkan perawatan kepada ahlinya

Semua kiat di atas tentunya dapat diaplikasikan dengan mudah. Akan tetapi, agar kondisi mesin ini semakin bagus maka tidak ada salahnya meminta bantuan kepada orang yang lebih ahli untuk memeriksa kelayakan mesin bor tersebut.

Anda dapat meminta ahlinya untuk mengecek apakah mesin tersebut masih layak pakai atau bahkan memerlukan berbagai perbaikan di sejumlah komponen penyusunnya. Meski demikian, pastikan Anda memilih pusat perbaikan yang sesuai dengan bor duduk Anda.

Adapun service center untuk perawatan dan perbaikan mesin bor duduk yang dimaksud bisa didapatkan di buku manual maupun internet sesuai merk mesin bor.

Memperbaiki Mesin Bor Duduk yang Rusak

Selain melakukan perawatan, Anda juga harus menjalankan perbaikan jika mesin tersebut mengalami kerusakan. Ada sejumlah prosedur perbaikan yang bisa Anda lakukan, seperti:

Pengasahan dengan gerinda

Pembentukan sisi potong yang kurang baik juga akan menimbulkan kerusakan seperti cepat tumpul, cepat panas, bahan terasa keras, lubang yang tidak bagus, dan sebagainya. Anda juga perlu memeriksa kembali apakah hasil asahan sudah bagus dan tepat sehingga mata bor menjadi tahan lama.

Baca Juga :  7 Merk Pipa AC yang Bagus dan Berkualitas

Sejatinya ketika kita sudah menggunakan mesin bor sesuai prosedur, maka dampak kerusakan bisa diminimalisir. Meski demikian, perawatan dan perbaikan mesin bor duduk juga perlu dilakukan secara berkala apabila sisi potong mengalami kendala yang berkaitan dengan hasil pengasahan.

Pendinginan dan perbaikan putaran mesin

Untuk membuat umur mata bor yang lama, pendinginan tidak boleh menjadi hal yang sepele, terlebih proses pendinginan ini juga harus dilakukan untuk pekerjaan yang cukup banyak. Anda juga perlu tahu jika setiap material memiliki jenis pendinginan yang berbeda.

Selain itu, pastikan kembali putaran mesin yang disesuaikan dengan diameter mata bor. Semakin besar diameter yang digunakan, tentu saja semakin lambat putaran yang ada. Sebaliknya, jika mata bor semakin kecil maka putaran bor juga akan semakin cepat.

Penggantian V-belt

V-belt juga perlu diganti jika sudah dalam keadaan kendor. Meski demikian, v-belt masih bisa dikencangkan supaya tidak selip. Jika tidak dapat dikencangkan, maka lebih baik diganti dengan yang v-belt baru. Jangan lupa lakukan pembersihan dan pelumasan bagian yang saling bergesekan seperti sistem pemutar spindle hingga roda gigi supaya tidak terjadi karat atau korosi.

Itulah beberapa kiat perawatan dan perbaikan mesin bor duduk yang dapat dilakukan. Tentunya, hal ini perlu dilakukan secara rutin dan maksimal sehingga nantinya performa mesin bor menjadi lebih baik dan lancar. Jika terjadinya kerusakan lebih serius, tentu saja perbaikan mesin harus dilakukan secara khusus.

Selain itu, agar mesin bor duduk Anda lebih terjamin, maka pilihlah merk bor duduk terbaik. Hal tersebut dapat membuat mesin bor duduk kalian berkualitas sehingga bisa lebih tahan lama dalam kerusakan, apalagi jika ada garansi maka itu sangat membantu dalam perbaikan. Semoga informasi ini bermanfaat

Referensi:

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags