Rekomendasi 10 Merk Kuas Lukis yang Bagus dan Terbaik

ngulasmerk

Kuas lukis menjadi elemen penting di dalam kegiatan melukis atau mewarnai. Kuas lukis digunakan sebagai alat pengoles cat ke kanvas atau alas gambar. Kuas lukis memiliki banyak ragam mulai dari bahan materialnya, bentuk pegangan, kehalusan bulu, hingga kenyamanan genggam pun juga berbeda.

Meskipun saat ini merk kuas lukis itu banyak sekali, namun setiap merk kuas lukis itu memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Jadi Anda perlu cermat dan teliti ketika memilih merk kuas lukis yang bagus. Karena kuas lukis yang bagus tentunya akan menghasilkan coretan gambar yang bagus juga.

Cara Memilih Kuas Lukis yang Bagus dan Terbaik

Sebelum itu, Anda perlu paham terlebih dahulu bagaimana cara memilih merk kuas lukis  yang bagus agar tidak salah pilih. Dan seperti apa kuas lukis yang bagus dan terbaik. Berikut ini cara memilih kuas lukis yang bagus dan terbaik.

  • Perhatikan Media Gambar

Sebelum memilih merk kuas lukis yang bagus, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kuas itu akan digunakan di media gambar yang seperti apa? Apakah yang halus seperti kertas atau yang bertekstur seperti kanvas? Hal ini dilakukan agar hasil gambar pada kuas lukis menjadi lebih maksimal.

Baca Juga :  Berbagai Hal untuk Diketahui Cara Menggunakan Timbangan Digital

Jika Anda hendak melukis di atas kertas, penggunaan kuas lukis dengan bulu lembut akan sangat cocok. Hal itu mengingat tekstur dari kertas itu sendiri yang halus sehingga pewarnaan akan semakin tajam dan indah berkat goresan bulu kuas yang lembut tersebut.

Sementara jika Anda hendak melukis di atas media gambar yang bertekstur kasar seperti kanvas, penggunaan kuas lukis dengan bulu yang besar dan keras akan sangat cocok. Hal itu karena bulu yang besar dan keras akan menciptakan efek yang tertentu pada lukisan.

  • Perhatikan Bentuk Kuas

Kuas memiliki bentuk yang beragam mulai dari yang panjang, pendek, besar, atau kecil. Kuas dikelompokkan menjadi 9 jenis berdasarkan bentuknya, antara lain:

KuasBaris
RoundMelukis garis tebal dan tipis
FlatMelukis garis tebal dan bersudut
BrightMelukis garis tebal dan pendek
FilbertMenghasilkan gradasi warna yang indah
FanMenciptakan gambar yang tampak nyata
AngleMenciptakan gradasi warna
MopMewarnai background warna dasar lukisan
RiggerMelukis goresan tipis

Nah itu dia klasifikasi bentuk kuas lukis untuk memilih kuas lukis yang bagus.

  • Perhatikan Tekstur Bulu Kuas

Setiap kuas lukis memiliki tekstur bulu yang berbeda-beda. Ada yang kasar, halus, hingga sintetis. Adapun fungsinya yang berbeda-beda untuk setiap jenis cat yang digunakan, antara lain :

Tekstur Bulu KuasKegunaan
KasarUntuk melukis menggunakan cat minyak
HalusUntuk melukis menggunakan cat air / cat poster
SintetisUntuk melukis menggunakan cat akrilik
  • Perhatikan Ukuran Kuas

Ukuran pada kuas lukis menentukan besar dan lebarnya bulu pada kuas. Ukuran pada kuas contohnya seperti 2/0, 4/0, dan 12/0. Ada juga yang berukuran 1/2, 3/4, 1/8, dan lainnya.

Kuas lukis ukuran kurang dari 4 akan cocok untuk membuat goresan-goresan detail. Kuas lukis ukuran 4-6 cocok untuk melukis objek yang kecil. Sedangkan kuas lukis ukuran lebih dari 6 akan cocok untuk membuat goresan lebar untuk area luas.

Baca Juga :  Mengenal Cairan Penghancur Nat Keramik dan Risikonya

Pastikan juga bahan kuas yang hendak Anda beli itu nyaman digenggam dan bulu kuasnya tidak mudah rontok. Karena itu akan berpengaruh terhadap keawetan kuas lukis.

Untuk Anda yang baru memulai melukis, Anda bisa memilih kuas lukis 1 set yang isinya sudah lengkap berdasarkan ukurannya. Jadi Anda akan mudah ketika menggunakannya.

Rekomendasi Merk Kuas Lukis yang Bagus dan Terbaik

Setelah Anda mengetahui cara memilih kuas lukis yang bagus, ini saatnya Anda mengenal merk-merk kuas lukis yang bagus dan terbaik. Berikut ini rekomendasi merk kuas lukis yang bagus dan terbaik.

1. Kuas Daler Rowney – Graduate Brushes

Sumber: shopee.co.id

Merk kuas lukis yang satu ini cocok digunakan mulai dari pelajar hingga yang memiliki hobi melukis. Luas ini cocok di aplikasikan ke cat minyak, akrilik, hingga air. Terbuat dari bulu sintetis dan tersedia dalam beragam warna dan ukuran.

Kuas ini menjadi pilihan merk kuas lukis yang bagus karena kualitasnya yang tinggi. Kuas ini dirancang sedemikian rupa sehingga nyaman digenggam, kuat, dan tahan lama.

BentukFlat, round, filbert, rigger, dan bright
Jenis cat yang cocokCat minyak, akrilik, dan air
Macam Ukuran10/ 0, 5/ 0, 1, dan 4 
Material bulu kuasBulu sintetis alami
Media gambar yang cocokKanvas, Kertas

2. Kuas Winsor & Newton – Cotman Brush Series 888

Sumber: shopee.co.id

Jika Anda suka melukis elemen-elemen alam seperti pepohonan, daun, dan lainnya, kuas yang satu ini akan pas untuk Anda. Kuas ini termasuk ke dalam jenis kuas fan, yakni yang bisa menciptakan sapuan lebar pada lukisan Anda. Gambar-gambar akan terlihat hidup dan tampak nyata ketika Anda menggunakan kuas lukis ini.

Baca Juga :  Rekomendasi 8 Merk Nat Keramik yang Bagus Beserta Harganya

Kuas ini nyaman digenggam dan kokoh sehingga bisa tahan lama.

BentukFan
Jenis cat yang cocokCat air
Macam Ukuran2, 4, dan 6 
Material bulu kuasSerat sintetis
Media gambar yang cocokKertas

3. Kuas Winsor & Newton – Winton Hog Brush Filbert

Sumber: shopee.co.id

Merk kuas berikutnya terbuat dari bulu binatang babi. Dengan bulu binatang tersebut, kuas ini menjadi sangat awet dan tahan karat. Kuas ini akan pas untuk Anda yang sedang mencari kuas berkualitas tinggi.

BentukFilbert
Jenis cat yang cocokCat minyak dan akrilik
Macam Ukuran1,2,3,4,5,6,8,10, dan 12
Material bulu kuasBulu binatang
Media gambar yang cocokKanvas

4. Kuas Lyra – Brush Set

Sumber: shopee.co.id

Jika Anda sedang memilih kuas jenis round dan flat, maka kuas yang satu ini menjadi jawabannya. Kuas lyra ini sudah satu set di dalamnya sehingga lebih praktis dan terjangkau harganya. Di dalam nya sudah tersedia kuas dalam berbagai ukuran.

BentukRound dan flat
Jenis cat yang cocokCat air, minyak, poster, dan akrilik
Macam Ukuran0, 2, 4, 6, 8, 10, dan 12
Material bulu kuasBulu sintetis
Media gambar yang cocokKanvas dan kertas

5. Kuas Crayola – Arts & Crafts Brushes

Sumber: shopee.co.id

Untuk Anda yang sedang mencari merk kuas lukis yang bagus dan cocok untuk anak-anak, maka kuas yang satu ini menjadi jawabannya. Kuas lukis ini dibuat dari material bahan yang aman digunakan untuk anak-anak. Jadi Anda tak perlu khawatir ketika kuas ini digunakan melukis oleh anak-anak.

Warna kuas lukis yang beragam juga menjadikan kuas ini sangat cocok untuk anak-anak.

BentukRound, angle, dan flat
Jenis cat yang cocok
Macam Ukuran
Material bulu kuas
Media gambar yang cocok

6. Kuas Giorgione – Set Lengkap Kuas Lukis

Sumber: shopee.co.id

Merk kuas ini adalah yang terlengkap mulai dari warna, bentuk, hingga ukurannya. Untuk Anda yang baru memulai melukis, kuas lukis 1 set ini akan cocok untuk Anda. Dengan lengkapnya kuas lukis tersebut tentunya harganya juga semakin terjangkau.

BentukFlat, angle, fan, bright, round, rigger, dan filbert
Jenis cat yang cocokCat akrilik, minyak, dan air
Macam Ukuran2/ 0, 1, 2, 3/ 0, 5, 6, 5/ 8, 4, 8, dan 3/ 4
Material bulu kuasNylon
Media gambar yang cocokKanvas dan kertas

7. Kuas Joyko – Brush BR-9

Sumber: shopee.co.id

Merk kuas lukis selanjutnya berasal dari brand Joyko. Kuas ini sangat cocok untuk yang baru mulai melukis karena isinya yang sudah lengkap. Di dalamnya sudah ada kuas jenis flat, rigger, dan round.

Ketiga jenis kuas lukis itu adalah yang sangat mudah dikuasai untuk pemula. Jadi mereka akan semakin dimudahkan ketika melukis menggunakan kuas ini.

BentukRound, rigger, dan flat
Jenis cat yang cocokCat air, akrilik, dan minyak
Macam Ukuran3/ 0, 2/ 0, 0, 1, 2, 3, 5, 5/ 8, 6, dan 10
Material bulu kuasNylon
Media gambar yang cocokKanvas dan kertas

8. Kuas Joyko – Brush BRS 7

Sumber: shopee.co.id

Merk kuas joyko ini adalah yang paling lengkap dan sudah ada palet di dalamnya. Jadi kuas ini semakin lengkap dan terbaik. Wadah kuas ini sudah lengkap dengan wadah palet sehingga memudahkan Anda ketika menyimpan kuas dan palet secara bersamaan.

BentukRigger, flat, round, bright, dan angle
Jenis cat yang cocokCat minyak, akrilik, dan air
Macam Ukuran1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, hingga 10
Material bulu kuasSintetis
Media gambar yang cocokKanvas dan kertas

9. Kuas Lumos Art Nox – Brush For Beginner

Sumber: shopee.co.id

Untuk Anda yang sedang memilih kuas satuan, merk kuas ini akan sangat cocok untuk Anda. Di dalamnya sudah lengkap dengan 6 jenis yang berbeda-beda. Dari segi harga dan kualitas, kuas ini menjadi pilihan merk kuas lukis yang bagus dan terbaik.

BentukRound
Jenis cat yang cocokCat akrilik, dan air
Macam Ukuran2, 4, 6, 8, 10, dan 12
Material bulu kuasSintetis
Media gambar yang cocokKanvas dan kertas

10. Kuas Deli – Kuas Warna Biru Set

Sumber: shopee.co.id

Untuk Anda yang mencari kuas dengan kekuatan serap yang tinggi, kuas yang satu ini bisa menjadi pilihan merk kuas lukis yang bagus. Kuas ini memiliki daya serat dan elastisitas yang tinggi. Hal itu menjadikan kuas ini mampu menghasilkan goresan yang maksimal dan indah. 

BentukRound, flat, rigger, dan filbert
Jenis cat yang cocok
Macam Ukuran3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9
Material bulu kuasNylon
Media gambar yang cocok

Nah, itu dia merk kuas lukis yang bagus dan terbaik. Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan bisa menjadi rekomendasi anda untuk mencari kuas lukis.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags