Kelebihan dan Kekurangan Lemari Plastik Beserta Tips Merawatnya

ngulasmerk

Lemari plastik ataupun lemari kayu memiliki keunggulannya masing-masing. Pada kali ini akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan lemari plastik beserta tips bagaimana merawat lemari plastik tersebut.

Lemari merupakan kebutuhan perabotan dalam melengkapi peralatan rumah tangga yang memiliki berbagai fungsi, misalnya digunakan untuk menyimpan pakaian, dokumen kantor, buku, aneka barang lain hingga barang berharga.

Lemari sendiri terbuat dari berbagai material, seperti kayu, kaca, plastik, hingga baja. Tak hanya digunakan untuk penyimpanan, lemari juga dapat dijadikan dekorasi rumah agar terlihat lebih rapi dan estetik

Tak hanya kayu, kaca atau baja, kini lemari plastik juga digemari dan menjadi alternatif pilihan masyarakat karena harganya yang terjangkau. Selain itu, kini lemari plastik sudah memiliki beragam desain dari minimalis hingga berbagai gaya klasik ataupun bergambar kartun untuk anak-anak. Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan lemari plastik ? Simak penjelasan di bawah ini.

Tentang Lemari Plastik

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Plastik 2
Sumber: shopee.co.id

Hal pertama saat memilih lemari adalah mempertimbangkan jenis material yang digunakan dan belilah merk yang terbaik dan rekomendasi lemari plastik yang bagus. Dengan mengikuti perkembangan zaman dan juga trend pada industri furnitur dan terciptalah lemari plastik yang harganya lebih murah dibandingkan dengan lemari kayu.

Lemari plastik adalah lemari yang terbuat dari bahan baku plastik menjadi sangat populer akhir-akhir ini, khususnya untuk lemari anak-anak yang memiliki berbagai pilihan karakter kartun yang menjadi kesukaannya.

Berikut Kelebihan dan Kekurangan Lemari Plastik

Kelebihan Lemari Plastik

Tidak kalah dari lemari kayu pada umumnya, beberapa kelebihan dari lemari jenis plastik ini dapat Anda pertimbangkan untuk memilihnya. Berikut ini merupakan kelebihan yang Anda dapat jika memilih lemari plastik.

Baca Juga :  Berikut 10 Model Lemari Plastik dan Pilihan Desainnya

1. Tahan lama

Jika dibandingkan dengan lemari kayu, lemari plastik ini tentunya lebih tahan lama dan awet. Dengan sedikit perawatan akan terhindar dari rayap yang biasa terjadi pada lemari kayu.

2. Harga ekonomis

Kelebihan lemari plastik ini adalah harganya yang ekonomis. Tidak berarti murahan, desain dari lemari plastik ini sangat beragam macam dan motifnya sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

3. Mudah dipindahkan

Karena bermaterialkan plastik, lemari ini bisa dipindahkan menuju berbagai tempat yang Anda hendaki, khususnya saat Anda sedang menata kamar tidur Anda. Tidak perlu banyak tenaga untuk dapat memindahkannya karena lebih ringan.

4. Desain simpel dan fleksibel

Lemari plastik ini sangat fleksibel, karena dibuat dengan material plastik yang dicetak dengan ukuran yang simetris di setiap sisinya. Ada bagian-bagian yang dengan mudah dapat Anda pasang dan bongkar sehingga memudahkan dalam pemindahan dan pengangkutannya. Desainnya pun dapat Anda pilih, mulai dari yang simpel, bermotif, berkarakter kartun maupun yang elegan.

5. Multifungsi

Lemari ini sangat multifungsi, karena bentuknya sekat laci ataupun rak maka lemari ini dapat pula dijadikan lemari organiser yang dapat Anda gunakan untuk menempatkan berbagai barang di setiap laci atau raknya.

6. Hemat tempat

Kelebihan lemari plastik yang terakhir adalah hemat tempat, cocok untuk hunian minimalis. Bentuknya yang berbagai macam dapat Anda pilih, seperti meninggi atau melebar menyesuaikan tempat yang akan Anda gunakan. Tanpa kesan sesak dan penuh pada konsep hunian Anda.

Kekurangan Lemari Plastik

1. Kurang aman

Beberapa dari lemari plastik memang tidak memiliki kunci pada pintunya, walaupun ada biasanya kurang aman karena tidak kokoh. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lebih baik hindari meletakkan barang berharga di dalam lemari plastik.

Baca Juga :  11 Rekomendasi Merk Lemari Plastik yang Bagus dan Tahan Lama

2. Ada Bagian rakitan yang mudah lepas

Kekurangan lainnya yang dimiliki lemari plastik ini adalah bagian lemari yang mudah lepas. Telah disebutkan pada kelebihan lemari plastik di atas, karena terbuat dari material plastik yang telah dicetak simetris setiap sisinya untuk memasang dan membongkarnya. Kekurangannya adalah ada bagian-bagian yang tidak pas sehingga menyebabkan tumpukan rentan lepas antar bagian.

3. Mudah terbakar

Lemari ini sangat mudah terbakar sehingga ancaman saat terjadi kebakaran lebih tinggi. Asap dari pembakaran plastik ini mengandung Hidrogen Sianida dan juga Karbon Monoksida yang berbahaya jika terhirup.

4. Mudah lembab dan juga bau

Bahan bermaterialkan plastik ini memang sulit untuk cepat kering jika bagian dalamnya basah. Hal ini menyebabkan lemari menjadi lembab dan pakaian atau barang yang Anda simpan akan lebih cepat bau. Oleh karena itu, jaga dan rawat lemari plastik dengan baik.

5. Strukturnya kurang kuat

Kelemahan yang kelima adalah struktur rangkaian dari lemari plastik ini kurang kuat. Oleh sebab itu, penyimpanan dalam lemari plastik harus diperhatikan agar tidak melebihi batas.

Selian itu juga, hindari meletakkan benda-benda berat di atas lemari. Anda juga dilarang meletakkan ataupun memasang barang elektronik berat, seperti televisi di atasnya.

6. Rentan hewan pengerat

Lemari plastik ini memiliki bahan yang tipis dan ringan sehingga meningkatkan resiko akibat dari hewan pengerat, seperti tikus. Hewan tersebut biasanya menyukai benda yang lunak dan empuk sebagai tempat untuk berkembang biak. Oleh sebab itu, cek lemari plastik Anda secara berkala untuk menghindari hewan pengerat.

Tips Merawat Lemari Plastik

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Plastik
Sumber: shopee.co.id

Kelebihan lemari plastik yang lainnya adalah merawatnya yang mudah dan praktis. Berikut tips merawat dan membersihkan lemari plastik agar tahan lebih lama.

Baca Juga :  10 Merk Bed Cover yang Bagus, Keunggulan dan Tips Memilih Kualitas Terbaik

1. Bersihkan dengan kuas atau sapu kecil

Tips yang pertama adalah memastikan tidak adanya debu ataupun kotoran lain menempel pada lemari plastik Anda. Gunakan kuas atau sapu kecil untuk membersihkannya. Anda dapat mengeluarkan barang yang ada di dalamnya terlebih dahulu agar tidak kotor.

2. Bersihkan secara menyeluruh

Untuk memulainya, Anda dapat membersihkan bagian dalam lemari terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan membersihkan bagian luar dari lemari.

3. Menggunakan kain perca

Gunakanlah kain perca yang telah dimasukkan ke dalam air dan peras sampai agak kering. Lalu usap lemari plastik Anda dimulai dari bagian dalam ke luar lemari.

4. Keringkan dengan merata

Lemari plastik ini tidak memiliki pori-pori udara di dalamnya sehingga sulit untuk menyerap air dengan baik. Oleh sebab itu, Anda perlu mengeringkannya secara menyeluruh.

5. Perhatikan berat barang

Berat barang yang berlebih tentunya akan merusak keseimbangan lemari plastik yang Anda miliki. Sortir barang Anda baik itu pakaian, sepatu atau lainnya supaya lemari plastik Anda tidak cepat patah dan roboh.

6. Pindahkan lemari saat kosong

Memindahkan lemari saat terisi penuh akan membuat lemari Anda cepat rusak. Pindahkan lemari dengan mengangkatnya pada bagian paling bawah agar bagian-bagian lemari lainnya tidak terlepas.

7. Gantungkan pewangi lemari dan kapur barus

Pewangi dan kapur barus ini akan membuat pakaian ataupun barang lainnya yang tersimpan di dalam lemari plastik tetap terjaga, tidak apek, dan terhindar binatang kecil yang bersarang di lemari.

Demikian penjelasan mengenai lemari plastik beserta kelebihan dan kekurangan lemari plastik dan juga cara perawatannya. Dengan berbagai pertimbangan dalam memilih lemari plastik atau lemari jenis lainnya yang paling penting adalah jangan lupa untuk menjaga kebersihannya dan cek lemari secara berkala agar lemari lebih awet dan terhindar dari kerusakan. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.