Rekomendasi 10 Merk Ban Tubeless yang Bagus untuk New Vixion

ngulasmerk

New Vixion merupakan motor “laki” yang sangat populer. Performanya tidak diragukan lagi dan perlu dikombinasikan dengan ban yang bagus. Berikut adalah informasi seputar merk ban tubeless yang bagus untuk New Vixion, simak!

Motor yang diluncurkan pertama kali oleh Yamaha pada 2007 ini digadang-gadang menjadi versi naked dari motor sport Yamaha 150cc, yaitu Yamaha R15.

Vixion menawarkan performa dan kelincahan saat mengendarai motornya. Untuk sektor mesin, mesin Vixion adalah penyempurnaan dari motor Jupiter MX yang sama-sama memiliki kubikasi 150cc.

Dilansir dari laman resmi Yamaha, Vixion cocok digunakan untuk Anda yang ingin beralih dari motor bebek ke motor sport. Baik dari sisi tampilan, mesin, dan fitur tentu Yamaha Vixion ini lebih naik kelas dibanding motor bebek.

All New Vixion merupakan nama lain dari Vixion R, motor keluaran Yamaha pada 2017 ini yang memiliki kapasitas mesin sebesar 155cc. Lebih besar 5cc dari pendahulunya.

Spesifikasi Original Ban dan Velg New Vixion

Sebelum menentukan ban yang cocok untuk motor New Vixion Anda, alangkah baiknya untuk mengetahui spesifikasi original dari ban dan velg milik New Vixion.

Dari sisi kaki-kaki, velg depan New Vixion berukuran 2.15 x 17 dan velg belakangnya berukuran 4 x 17. Jadi, New Vixion menggunakan velg ring 17.

Sedangkan ban originalnya Vixion R menggunakan ukuran 90/80-17. Untuk ban belakangnya menggunakan ban IRC dengan 130/70-17. Ukuran ban belakang yang cukup besar ini membuat tampilan New Vixion jadi semakin kekar.

Untuk mempertahankan fungsi standarnya, jika ingin mengganti ban Vixion bisa dinaikkan atau diturunkan satu ukuran dari aslinya. Namun, untuk ukuran ring tetap 17 agar bisa muat di velg standarnya.

Jadi, jika Anda sedang mencari ban tubeless yang bagus untuk New Vixion, sebaiknya simak artikel ini sampai habis, karena kami juga akan membagikan tips-tips memilih ban motor untuk Vixion Anda.

Rekomendasi Merk Ban Tubeless yang Bagus untuk New Vixion

Berikut adalah rekomendasi merk ban tubeless yang bagus untuk New Vixion kesayangan Anda. Simak yuk!

1. FDR

Sumber: shopee.co.id

FDR adalah ban yang diproduksi oleh PT. Astra. Jika mencari dengan kata kunci “ban tubeless new vixion” di e-commerce, mungkin ban FDR adalah salah satu yang paling sering muncul.

Baca Juga :  Rantai Motor Sering Lepas: Penyebab Dan Solusinya

Ada beberapa tipe pilihan ban FDR, yaitu tipe Sport XR Evo untuk di perkotaan dan memiliki daya cengkram yang lebih baik dan ada Genzi Pro untuk pemakaian harian di aspal namun tidak disarankan untuk jalanan tanah berbatu.

Ban FDR Sport XR Evo yang berukuran 90/80-17 dapat dibeli mulai dari Rp. 261.000. Sedangkan ukuran 130/70-17 dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 479.000.

2. IRC

Sumber: shopee.co.id

Ban kedua yang direkomendasikan adalah IRC. Biasanya, ban dari IRC sudah dilengkapi dengan beberapa fitur seperti daya cengkram yang kuat saat melaju kencang, didesain untuk kondisi basah, dan kestabilan yang lebih baik.

Untuk ban ring 17 dari IRC, banyak sekali pilihan yang tersedia. Mulai dari IRC Fasti 1, Fasti 2, Eco Trax, NF67, dan masih banyak lagi.

Sebagai gambaran, ban IRC NF67 dengan ukuran 90/80-17 dibanderol mulai dari Rp. 304.000 dan ukuran 120/70-17 harganya berkisar mulai dari Rp. 448.000.

3. Corsa Sport

Sumber: shopee.co.id

Selanjutnya ada ban Corsa, ban multi purpose produksi asli Indonesia. Ban ini memiliki fitur seperti daya tahan keausan yang baik, daya cengkram di jalan kering maupun basah, dan rolling resistance yang baik.

Selain ban multi purpose, Corsa juga menjual ban untuk adventure pada seri Cross S dan ban racing di seri R93.

Untuk harganya, semua seri relatif mirip dan yang membedakan hanya pada ukuran dan seberapa besar bannya. Ban Corsa Platinum R99 ukuran 120/70-17 dibanderol mulai dari Rp. 421.000 dan Corsa Platinum R26 90/80-17 dibanderol mulai Rp. 303.000.

4. Maxxis

Sumber: shopee.co.id

Maxxis Tyre merupakan perusahaan ban asal Taiwan yang telah tersebar di 180 negara di dunia. Ban Maxxis mengedepankan fitur ketahanan, fleksibel, lincah, dan mudah diadaptasikan di segala medan.

Seri Maxxis ring 17 yang tersedia di Indonesia mulai dari Maxxis Volans untuk harian, Maxxis M6239 untuk dual purpose, dan Maxxis Green Devil untuk ban semi-slick.

Sebagai patokan harga, untuk ban Maxxis Green Devil ukuran 130/70-17 dibanderol mulai dari Rp. 489.500 dan untuk ukuran 90/80-17 mulai dari harga Rp. 309.000.

5. Swallow

Sumber: shopee.co.id

Kembali ke produsen ban dalam negeri, Swallow merupakan merk ban yang sudah menembus pasar ekspor sejak tahun 2009. Jadi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi dan memiliki varian yang banyak sekali.

Sebagai gambaran harga, ban Swallow Street Enduro ukuran 130/70-17 dibanderol mulai dari Rp. 450.000. Sedangkan untuk seri Swallow SB 151 ukuran 90/80-17 dibanderol mulai dari Rp. 300.000.

Baca Juga :  Stang Motor Berat: Kendali Penuh Pada Sepeda Motormu

6. Aspira Premio

Sumber: shopee.co.id

Aspira masih ban yang satu pabrikan dengan Corsa. Sangat cocok untuk Anda yang menggunakan motor Vixion karena tampilannya cukup sporty. Ban ini akan membelah air ketika hujan dan bisa mengerem dengan sempurna sekalipun di jalan basah dan kering.

Ban Aspira Premio Sportivo ukuran 130/70-17 dibanderol mulai dari harga Rp. 500.000. Sedangkan untuk ukuran 80/80-17 dibanderol mulai dari harga Rp. 139.000. Dalam paket penjualannya, ban Aspira Premio juga sudah free pentil tubeless.

7. Pirelli

Sumber: shopee.co.id

Beralih ke merk yang lebih premium, yaitu Pirelli si produsen ban asal Italia yang banyak digunakan untuk berbagai macam kompetisi balap. Daya cengkram dan stabilitasnya tidak perlu diragukan lagi. Dijamin motor Anda akan jadi yang terbaik saat menggunakan Pirelli ini.

Ada dua macam ban ring 17 dari Pirelli di Indonesia, yaitu Pirelli Diablo Supercorsa yang digunakan untuk event World SBK. Harga dari sepasang ban ukuran 120/70-17 dan 160/60-17 dibanderol mulai dari Rp. 6.705.000.

Tapi, mungkin ban tersebut terlalu berlebihan untuk yang ingin menggunakan Vixion sebagai motor harian. Ada seri Pirelli Angel City 130/70-17 yang dibanderol mulai dari Rp. 589.000 dan Pirelli Diablo Rosso Sport 90/80-17 dengan harga Rp. 419.000

8. Bridgestone Battlax

Sumber: shopee.co.id

Di segmentasi ban premium, ada juga ban seri Battlax dari Bridgestone. Battlax adalah ban yang memiliki komponen lunak yang membuat daya cengkramnya semakin baik. Namun kekurangannya adalah memiliki masa pakai yang lebih sebentar dibanding ban harian.

Jika Anda suka berurusan dengan tikungan, jalanan basah, dan jalanan berdebu, ban Battlax ini sangat cocok untuk Anda. Daya cengkramnya bisa dibilang yang terbaik setelah Pirelli.

Sebagai gambaran harga, ban Battlax BT39 ukuran 90/80-17 dibanderol dengan harga Rp. 1.749.000 dan untuk Battlax S22 ukuran 120/70-17 dibanderol mulai dari harga Rp. 1.870.000

9. Zeneos

Sumber: shopee.co.id

Zeneos adalah ban produksi asli Indonesia yang pabriknya terletak di Tangerang, Banten. Ban-ban dari Zeneos memiliki fitur seperti material yang cepat beradaptasi di jalan kering dan basah, tread under cushion, pembuangan air dan stabilitas yang baik, dan sudah memiliki banyak sertifikasi.

Ban ini juga memiliki macam-macam bentuk bunga. Mulai dari bentuk sport, harian, dual purpose, dan klasik.

Untuk harga, ban Zeneos Turino ukuran 130/70-17 dibanderol dengan harga mulai dari Rp. 583.000 dan Zeneos ZN62 ukuran 90/80-17 dibanderol dengan harga mulai Rp. 275.000.

Baca Juga :  Lampu Belakang Motor Scoopy

10. Michelin

Sumber: shopee.co.id

Rekomendasi terakhir datang dari ban asal Prancis, yaitu Michelin. Ban ini dikenal memiliki grip yang sempurna, kestabilan dan laju yang baik, serta warm up yang cepat.

Selain ban mobil, Michelin juga memproduksi ban untuk motor yang tentu kualitasnya sangat baik dan memiliki berbagai macam bunga baik untuk harian dan touring.

Dari sisi harga, ban Michelin memang relatif lebih mahal dibandingkan ban-ban lokal. Misalnya pada seri Pilot Street ukuran 130/70-17 yang dibanderol mulai dari Rp. 774.000 dan Michelin Pilot Motogp ukuran 90/80-17 yang dibanderol mulai dari Rp. 460.000.

Cara Memilih Ban Tubeless untuk New Vixion

Mengapa harus ban tubeless untuk motor seperti New Vixion? Vixion adalah motor yang besar dan pastinya akan dipakai untuk harian. Melalui jalan-jalan yang rusak tentu membutuhkan ban yang kuat.

Selain itu, ban tubeless relatif lebih susah untuk bocor. Jadi sangat aman jika ban tubeless digunakan untuk harian. Berikut adalah tips dan cara memilih ban tubeless untuk New Vixion.

  • Perhatikan Ukuran

Perlu diketahui, bahwa ukuran ban dapat menentukan seberapa kencang, stabil, dan daya cengkram motor Anda. Semakin besar biasanya akan semakin stabil namun karena bobotnya lebih berat itu akan mengurangi kecepatan motor Vixion Anda.

Sebenarnya, ukuran dari ban bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda, namun yang terpenting adalah dari velgnya itu sendiri. Nomor ring velg biasa diletakkan pada kode akhir ukuran. Misalnya 90/80-17 berarti ban tersebut berukuran ring 17.

  • Sesuaikan Bentuk Ban dengan Kebutuhan

Selanjutnya, adalah bentuk bunga dari ban itu sendiri atau jenis bannya. Sebaiknya, jenis ban disesuaikan dengan tujuan dan jenis jalan yang sering dilalui.

Misalnya di daerah perkotaan di jalanan yang relatif kering, maka sebaiknya Anda memilih ban kering. Namun jika motor Vixion Anda sering dipakai untuk touring, maka pilihlah ban dual purpose.

  • Tahun Produksi Ban

Ketika sudah menentukan ban yang ingin dibeli, maka Anda juga perlu memperhatikan tahun pembuatan ban. Usahakan memilih ban yang baru diproduksi dan masih fresh agar ban motor lebih awet dan fitur-fiturnya masih berfungsi dengan baik.

  • Atur Budget

Terakhir adalah mengatur budget, ban-ban yang kami sebutkan di atas sudah memiliki beragam sertifikasi keamanan jadi tentunya ban-ban di atas merupakan ban yang berkualitas untuk motor Vixion Anda.

Perlu diingat bahwa ban yang mahal tidak selalu lebih awet. Namun, ban yang lebih mahal memang memiliki daya cengkram dan fitur-fitur yang lebih baik. Sebaiknya pilih ban yang masuk ke budget Anda dan cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Demikian adalah informasi seputar merk ban tubeless yang bagus untuk New Vixion. Semoga dapat membantu Anda dalam memilih ban berkualitas untuk motor Anda.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.