Pelumas Rubik Alternatif untuk Lubrikasi Super Licin

ngulasmerk

Semahal apapun harganya, rubrik tetap memerlukan perawatan. Salah satunya adalah lubrikasi atau memberikan pelumas rubik agar tetap licin dan mudah diputar-putar. Selain menggunakan pelumas khusus plastik, Anda juga bisa memanfaatkan pelumas rubik alternatif yang tetap bisa memberikan efek melicinkan.

Alternatif untuk Lubrikasi Rubik

1. Vitamin rambut Lucido-L

Sumber: shopee.co.id

Hair vitamin oil dari Lucido-L ini dapat menjadi alternatif untuk Anda gunakan sebagai pelumas rubrik selain gans lube, maru lube, atau pelumas lain khusus plastik. Produk vitamin rambut ini dapat memberikan efek melicinkan untuk rubrik Anda yang sudah terasa seret untuk diputar.

Selain rubrik menjadi ringan ketika digeser-geser, ada efek wanginya juga yang tentu tidak ada di produk pelumas plastik. Tidak ada salahnya untuk mencoba vitamin rambut ini sebagai bahan lubrikasi untuk perawatan rubrik Anda di rumah.

Cukup 2-3 tetes saja untuk satu kali lubrikasi rubik dengan vitamin rambut Lucido-L. Selain itu, harganya pun cukup ramah di kantong sehingga bisa menghemat pengeluaran Anda. Jika sudah digunakan, Anda bisa menutup kembali kemasannya menggunakan penjepit rambut agar bisa digunakan lagi jika dibutuhkan.

Hasilnya tidak kalah bagus dengan pelumas plastik. Anda yang memiliki rubik dan sudah sulit digerakkan, bisa memanfaatkan vitamin rambut ini sebagai pelumas rubik alternatif agar rubrik lebih awet.

2. Vitamin rambut Ellips

Sumber: shopee.co.id

Produk yang sering digunakan oleh kaum hawa ini ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan pelumas rubik. Biasanya untuk pelumas rubik menggunakan Ellips Smooth & Shiny atau yang kemasannya berwarna kuning.

Baca Juga :  13 Rubik Tersusah di Dunia yang Bikin Sakit Kepala

Harganya cukup murah sekitar 8 ribuan saja. Cara menggunakan Ellips untuk pelumas rubik cukup dengan meneteskan cairannya ke sela-sela rubik. Daya tahan untuk produk ini cukup lama sekitar 3-4 hari rubik masih licin dan lancar diputar-putar.

Jika ingin hasil yang lebih bagus menggunakan pelumas rubik alternatif, Anda bisa membongkar rubik agar dapat diolesi Ellips semuanya. Tidak perlu banyak, cukup diolesi secukupnya dan jangan sampai terlalu basah.

Bagi Anda yang dapat membongkar rubik, silahkan dibongkar dulu dan bersihkan setiap pieces rubik menggunakan tisu. Beri pelumas pada bagian kaki corner dan setiap edge rubik. Jika sudah semuanya diberi pelumas, susun kembali rubiknya.

Putar-putar rubik agar cairan pelumas rubik alternatif lebih merata. Hasilnya rubik akan lebih licin dan ringan untuk diputar-putar. Tidak ada lagi rubik yang seret apalagi macet.

3. Makarizo hair creambath

Sumber: shopee.co.id

Krim untuk rambut ini tidak hanya memberikan vitamin untuk rambut, tetapi bisa juga dijadikan alternatif untuk lubrikasi rubrik. Fungsi dan hasilnya tidak jauh berbeda dari Ellips, namun dengan harga yang lebih murah.

Krim rambut Makarizo juga dapat digunakan oleh pemilik rubik jika mainannya sudah terasa seret dan sering macet ketika diputar. Rubik yang seret berarti sudah membutuhkan pelumas tambahan agar kembali licin.

Produk ini aman digunakan untuk melumasi bahan plastik pada rubik. Jadi Anda bisa tenang untuk melakukan lubrikasi rubrik menggunakan krim Makarizo. Krim tidak bersifat merusak bahan plastik atau rubik.

Teksturnya krim, jadi lebih mudah untuk diaplikasikan ke rubik. Ingat, untuk lubrikasi sebaiknya secukupnya saja tetapi harus merata agar semua potongan rubik lebih mudah digerakkan. Jangan terlalu banyak menggunakan cairan krim dari pelumas rubik alternatif ini.

Cara Merawat Speed Cube agar Rubik tetap Licin

Lubrikasi atau memberikan pelumas secara rutin adalah salah satu perawatan yang diperlukan agar rubik awet dan tetap licin untuk digerakkan. Selain lubrikasi, rubik juga membutuhkan beberapa perawatan berikut.

Baca Juga :  Rekomendasi 10 Merk Rubik Terbaik Yang Bisa Bikin Jago

1. Pengaturan tension

Tension pada rubik adalah tingkat tekanan antar potongan rubik. Biasanya terdapat mur di bagian tengah terutama untuk rubik-rubik buatan Cina. Semakin sering digunakan, tension rubik akan semakin berkurang atau kendor.

Cube rubik menjadi mudah lepas atau copot ketika digunakan. Jadi perlu disetting ulang lagi tension rubiknya agar kembali nyaman digunakan. Pada umumnya untuk mur yang ada di rubik memerlukan obleng plus.

Perawatan selain menggunakan pelumas rubik alternatif ini juga perlu dilakukan secara rutin. Anda bisa membuka penutup atau center caps terlebih dahulu. Setelah itu atur mur menggunakan obeng untuk mendapatkan tension sesuai selera.

2. Membersihkan rubik

Rubik juga bisa kotor jika sudah sering dimainkan dari waktu ke waktu. Kotoran yang ada di sela-sela pieces rubik dapat menghambat putaran sehingga rubik terasa seret untuk dimainkan. Jadi perlu dilakukan pembersihan, setidaknya 1 kali seminggu atau 2 minggu sekali.

Anda perlu membongkar terlebih dahulu rubiknya seperti saat menggunakan pelumas rubik alternatif. Cuci semua potongan rubik kecuali bagian yang memiliki mur. Jika perlu, Anda bisa membersihkannya menggunakan sabun. Keringkan dan pasang kembali seperti susunan semula.

3. Sanding

Sanding rubik adalah salah satu perawatan yang digunakan pada rubik-rubik yang cacat produksi. Untuk menghindari cacat produksi Anda bisa membeli merk rubik terbaik, jika memang Anda mendapatkan rubik cacat produksi Anda harus segera melakukan sanding rubik tersebut. Biasanya ada beberapa bagian cube yang tidak rata sehingga rubik sulit untuk dimainkan. Oleh sebab itu, diperlukan teknik sanding atau menghaluskan permukaan rubik yang tidak rata tersebut.

Anda bisa menggunakan amplas untuk meratakan bagian yang diperlukan. Bagian yang sudah halus tidak perlu diamplas lagi.

Baca Juga :  13 Rubik Tersusah di Dunia yang Bikin Sakit Kepala

4. Lubrikasi

Lubrikasi atau memberikan pelumas pada rubik biasanya diperlukan ketika rubik sudah cukup lama dan sering digunakan. Pelumas rubik dapat mengering sehingga kehilangan kelicinannya. Jadi Anda perlu menambahkan pelumas agar rubik kembali licin.

Anda bisa menggunakan pelumas rubik alternatif seperti produk-produk yang sudah disebutkan sebelumnya. Namun ingat, jangan menggunakan minyak sayur atau minyak goreng pada rubik. Walaupun sama-sama licin, namun tekstur minyak ini tidak bagus untuk rubik plastik.

Sebelum memberikan pelumas, disarankan untuk membersihkan rubik terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memberikan pelumas rubik atau lubrikasi.

  • Beri pelumas secukupnya, 1-5 tetes

Jika terlalu banyak, pelumas dapat keluar dari sela-sela rubik dan mengenai bagian stiker. Rubik pun akan menjadi sulit untuk dipegang karena ikut licin oleh pelumas.

  • Putar rubik setelah lubrikasi

Memutar rubik setelah memberikan pelumas ini perlu dilakukan. Tujuannya adalah meratakan pelumas ke semua sisi.

  • Menggunakan pelumas yang aman untuk plastik

Silahkan gunakan pelumas yang Anda miliki untuk lubrikasi rubik. Anda bisa menggunakan pelumas silicon, diff oil, minyak rambut Ellips, minyak zaitun, atau alternatif lain yang mudah dicari. Namun jangan menggunakan minyak goreng.

5. Menghindari hal-hal yang dapat merusak rubik

Bagi Anda yang memiliki rubik, juga perlu menghindari beberapa hal berikut agar rubik tidak cepat rusak.

  • Memainkan rubik sambil mandi
  • Meletakan rubik dekat anak-anak
  • Memainkan rubik yang basah
  • Memainkan rubik di outdoor

Itulah beberapa rekomendasi pelumas rubik alternatif yang dapat Anda manfaatkan untuk perawatan rutin. Perhatikan juga tips perawatan rubik di atas agar alat permainan Anda dapat dimainkan lebih lama dan awet. Sebisa mungkin hindari air, karena pelumas rubik termasuk anti air jika Anda ingin rubik tetap licin.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags