10 Merk Spray Gun yang Bagus untuk Cat Mobil dan Cara Merawatnya

ngulasmerk

Tahukah kamu apa merk spray gun yang bagus untuk cat mobil? Ya, kadang dengan merk yang terlalu banyak membuat konsumen jadi bingung manakah yang terbaik untuk membuat hasil pengecatan lebih bagus.

Jenis-Jenis Spray Gun dan Fungsinya

Sebelumnya, spray gun sendiri merupakan alat yang bisa digunakan untuk proses finishing chat. Umumnya dilakukan agar didapatkan proses akhir yang sesuai dengan keinginan.

Mekanisme kerja spray gun sendiri kurang lebih seperti alat penyemprotan pencuci kendaraan. Jadi, terdapat tekanan udara yang akan mendorong cat lalu menyemprotkannya.

Hasil penyemprotan tersebut akan terlihat layaknya butiran kabut dengan titik-titik yang kecil. Itulah kenapa hasil finishing akan terlihat lebih sempurna, entah itu dari sisi pemerataan ataupun komposisi ketebalan cat.

Itulah kenapa saat memilih merk spray gun yang bagus untuk cat mobil, pastikan kamu sudah tahu saja jenis spray gun itu sendir. Dengan demikian, kamu pun bisa mencari sesuai kebutuhan. Nah, berikut telah dibahas berbagai jenis spray gun dan fungsinya.

  • Spray Gun HVLP, High Volume Low Pressure

Spray Gun HVLP telah didesain khusus dalam menghasilkan atomisasi yang sangat sempurna dan disertai tekanan udaranya yang rendah. Tekanan udara tersebut diperkirakan dapat mencapai 14,7 psi atau kurang.

Sementara itu, proses atomisasi akan menggunakan aliran tekanan udara bervolume tinggi. Kebanyakan tipe ini digunakan untuk keperluan material kayu (wood).

Di samping itu, juga bisa diperuntukan pada aplikasi stain, glaze, aplikasi sealer, base coat, top coat, atau primer, tetapi bukanlah untuk yang viskositasnya tinggi.

Apabila kamu ingin melakukan pekerjaan dengan tingkat volume cukup besar, maka spray gun tipe ini tidaklah cocok. Sebab kecepatan pekerjaannya sendiri bisa dikatakan cukup rendah. Akibatnya, hanya akan memperlambat proses penyelesaian pekerjaanmu.

  • Spray Gun LVLP, Low Volume Low Pressure

Hampir sama seperti sebelumnya, LVLP pun termasuk jenis spray gun yang dapat digunakan untuk viskositas tinggi. Kecepatan kerjanya juga kurang lebih sama. Sehingga tidak terlalu cocok jika ingin digunakan pada area pekerjaan yang luas.

Sistem penggunaan LVLP pun tak jauh berbeda, tetapi jenis LVLP tak dapat digunakan untuk bahan-bahan finishing stain.

  • Spray Gun Airless

Spray Gun Airless menggunakan tekanan cukup tinggi, bahkan bisa mencapai 1000 psi yang setara dengan 68 atm. Hal inilah yang membuat spray gun airless sangat cocok digunakan untuk menghasilkan pelapisan material yang pada dasarnya cukup tebal.

Baca Juga :  Bridgestone Turanza Er300: Ban Mobil Berkualitas Tinggi Untuk Pengalaman Mengemudi Yang Lebih Aman Dan Nyaman

Penting untuk diketahui, produk ini mempunyai efisiensi penempelan material yang melebihi 70% dibandingkan air spray.

Tidak mau ketinggalan, spray gun airless ternyata juga cocok digunakan untuk aplikasi stain, aplikasi sealer, ataupun base coat. Namun, setelahnya harus diikuti dulu dengan proses lanjutan seperti pengamplasan.

Merk Spray Gun yang Bagus untuk Cat Mobil

Spray gun sendiri nantinya akan menggunakan kekuatan tekanan angin dan udara untuk menyemprotkan cat yang terdapat di dalam tabung. Tentu saja, proses pengecatan akan lebih baik jika kamu menggunakan spray gun yang bagus untuk cat mobil.

Lantas, apa saja kira-kira rekomendasi merk spray gun  yang bagus untuk cat mobil? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

1. Shogun

Sumber: tokopedia.com

Untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengecatan, maka Shogun pun telah menghasilkan beberapa spray gun. Untuk hasilnya sendiri, tentu saja tidak perlu lagi kau ragukan.

Ulasan demi ulasan positif terus berdatangan dari pengguna produk spray gun Shogun ini. Kamu pun juga bisa menggunakan spray gun merk shogun untuk keperluan pengecatan mobil.

2. Thor

Sumber: shopee.co.id

Thor termasuk merk spray gun terbaik yang telah menghadirkan berbagai banyak spray gun terbaik, seperti Spray Gun F-75G THOR.

Produk spray gun termasuk menggunakan tabung atas. Sehingga, cat yang cair bisa habis dengan sempurna.

Bukan hanya itu saja, ternyata di produk ini pun terdapat penutup cao pada bagian atas yang memungkinkan pencampuran bahan menjadi lebih mudah dalam tabung.

Itu hanyalah beberapa contoh dari produk Spray Gun Thor saja, jika penasaran dengan produk lain dari merk ini, kamu bisa langsung mengunjungi toko ataupun distributor resmi spray gun Thor ya.

3. Sagola

Sumber: tokopedia.com

Adapun produk andalannya spray gun Sagola yaitu Sagola F75G. Produk tersebut mempunyai tabung penyimpanan yang terdapat di atas dan hal tersebut membuat tampilannya jadi lebih minimalis. Tabung tersebut memiliki diameter sekitar 77 x 100 mm.

Merk Sagola memang telah dipercaya menghasilkan berbagai produk spray gun berkualitas. Jadi, kamu bisa leluasa memilih spray gun terbaik sesuai kebutuhanmu.

4. Multipro

Sumber: tokopedia.com

Kualitas dan mutu yang dimiliki oleh Spray Gun Multipro tak perlu diragukan lagi. Apalagi, produk satu ini juga mempunyai lini produk spray gun elektrik.

Sebagai informasi tambahan, jenis spray gun elektrik termasuk pengembangan lanjutan dari tipe konvensional. Dengan menggunakan tipe elektrik, maka akan membuatnya jadi lebih guna. Sebab, disini tidak akan digunakan kompresor. Itu sebabnya jenis spray gun ini juga banyak diminati.

Baca Juga :  Review Continental Contiroadattack: Ban Motor Yang Cocok Untuk Touring

5. Lakoni

Sumber: tokopedia.com

Nah, untuk merk Lakoni memang sudah banyak digunakan oleh banyak kalangan, entah itu untuk pengeluaran pribadi ataupun usaha bidang pengecatan lainnya.

Alat satu ini bisa digunakan untuk mengatomisasi cat pada sebuah permukaan ataupun media yang menggunakan udara bertekanan.

Spray Gun Lakoni sangat mumpuni digunakan untuk keperluan kecil ataupun besar. Itu sebabnya, Lakoni pantas jadi merk spray gun yang harus dipertimbangkan. Apalagi, produk ini dibanderol dengan harga terjangkau.

6. Tekiro

Sumber: tokopedia.com

Tekiro tools bukan hanya memproduksi peralatan untuk kebutuhan industri saja, tetapi tools seperti alat semprot atau spray gun pun juga diproduksi.

Tak ingin kalah, pada pengembangannya, Tekiro selalu mengupdate teknik spraynya ini agar bisa menghasilkan kualitas yang maksimal bagi konsumennya.

Itulah alasan kenapa teknik penyemprotan yang dihadirkan oleh merk spray Gun Tekiro ini selalu menunjukkan hasil yang bagus dari hari ke hari.

Adapun beberapa fitur yang disematkan ke dalam berbagai jenis spray gun Tekiro ini adalah Super Gripping Handle, Chrome-plated Steel Tube, Full Pressure nozzle, dan fitur lainnya.

Kamu hanya perlu memilih manakah spray gun yang memang sesuai dengan kebutuhan.

7. Bosch

Sumber: tokopedia.com

Merk asal Jerman, Bosch telah dikenal baik oleh masyarakat, mulai dari toolsnya yang beragam hingga kualitas produknya.

Bosch pun ternyata berkontribusi cukup banyak dalam menghasilkan produk spray gun miliknya, dengan desain produk yang keren dan pemberian banyak fitur.

Wajar saja, merk Bosch masih terpampang hingga saat ini. Pasalnya, Jerman pun sangat dikenal sebagai rumah produsennya alat teknik terbaik yang ada di dunia.

8. Xenon

Sumber: tokopedia.com

Xenon telah berpengalaman bertahun-tahun lamanya menghasilkan produk spray gun yang berkualitas. Sehingga, dihasilkan lah produk spray gun yang dapat diaplikasikan ke berbagai media penyemprot, termasuk mobil, motor, hingga tembok dinding rumah.

Sebagai salah satu merk spray gun yang bagus untuk cat mobil, Xenon memiliki reputasi yang amat baik di bidang ini.

9. Kairos

Sumber: shopee.co.id

Kairos adalah produk yang berasal dari Negara Jepang dan telah hadir di Indonesia dengan banyak seri, contohnya Kairos SGL F75.

Kairos tipe tersebut mampu menghasilkan semburan cat yang halus dan lebih luas. Ini dikarenakan produk tersebut telah didesain menggunakan standar yang terbilang tinggi di setiap proses pembuatan produknya.

Perlu kamu tahu, bahwa kairos pun sudah menjadi salah satu bagian dalam merek yang terdaftar di JIS (Japan Industrial Standard).

Baca Juga :  Pirelli Scorpion Mx32 Pro: Ban Motocross Terbaik Untuk Performa Terbaik

Standar tersebut tentu saja memungkinkan sekali untuk digunakan sebagai acuan. Sebab, mengingat kalau Jepang adalah negara maju Asia yang telah menerapkan standar tinggi untuk setiap produknya, termasuk spray gun.

10. Rutland

Sumber: monotaro.id

Saat digenggam diharapkan spray gun sangat pas ditangan, agar saat pengerjaan pengecatan pun terasa lebih nyaman. Inilah yang berhasil diwujudkan oleh Spray Gun Rutland.

Rutland telah mendesain pegangan yang amat nyaman sehingga memudahkan penggunanya saat mengaplikasikan cat secara maksimal.

Adapun salah satu rancangan spray gun tersebut yaitu adanya 6 pola semprotan yang dihasilkan, konektor aksi jepret, semprotan bisa lebih powerful, dan terdapat beberapa pengaturan semprotan seperti penuh, tengah, datarm hingga pancuran.

Cara Merawat Spray Gun

Nah, kira-kira apakah merk spray gun yang bagus untuk cat mobilmu? Setelah dibeli, pastikan kamu tahu bagaimana cara merawat spray gun yang benar agar lebih awet dan tidak cepat rusak.

Ini dikarenakan spray gun akan melakukan mekanisme penyemprotan. Sehingga, harus dirawat supaya tidak ada cat yang mengendap dan menghalangi lubangnya. Begini tips merawat spray gun.

  • Mengosongkan Tabung

Apabila kamu sudah menggunakannya untuk pengecatan, ada baiknya untuk kosongkan tabung cat yang bersisa. Tak lain tujuannya adalah agar cat tidak mengeras serta meninggalkan plak noda yang mana lama kelamaan akan sulit dibersihkan.

  • Janganlah Merendam Tabung

Mungkin kamu berpikir merendam tabung ke kubangan thinner akan membuatnya lebih bersih. Namun, sayangnya, merendamnya ternyata bisa membuat segel jadi rapuh. Jadi bersihkan saja menggunakan sikat halus.

  • Membersihkan Air Cup

Untuk membersihkannya, bukalah bagian tutup tabung. Lalu posisikan secara terbalik agar seluruh sisa cat serta thinnernya keluar. Kemudian bagian air cup juga harus dibersihkan dengan sikat halus dan thinner bening.

  • Mencuci Tabung

Spray gun yang bagus tentu saja bisa dilihat dari tingkat kebersihan tabungnya dengan mata telanjang. Karena itulah, kamu harus mencuci tabung agar noda cat bisa segera dihilangkan. Cucilah tabung dengan thinner bening.

  • Membersihkan Nozzle

Salah satu bagian terpenting dari spray gun yaitu nozzlenya. Karena itulah, setiap kali kamu selesai menggunakannya, harus dibersihkan segera agar sisa cat yang tertinggal hilang.

  • Membersihkan Lubang

Jenis spray gun seperti sanding politur dan epoxy, mengklaim bahwa lubang menjadi bagian penting yang harus dibersihkan. Sebab, bagian tersebut seringkali tertinggal dengan gumpalan cat, yang mana lama kelamaan dapat menghalangi lubang.

  • Membersihkan Body

Adapun bagian luar atau bodynya sangat penting untuk menjaga kebersihannya. Untuk membersihkannya, kamu bisa gunakan sikat halus dan thinner bening. Usahakanlah supaya badannya tetap bersih seperti semula.

Jika jarang dirawat, maka risiko spray gun rusak. Akibatnya, diperlukan biaya perawatan yang tidak sedikit.  Jadi percuma saja jika kamu telah membeli merk spray gun yang bagus untuk cat mobil, tetapi tidak dirawat dengan semestinya.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.