Inovasi Terbaru Daihatsu Ayla 2023: Desain Modern, Interior Futuristik, dan Fitur Keselamatan Modern

ngulasmerk

Dalam dunia mobil kompak, Daihatsu Ayla telah menjadi salah satu opsi utama bagi banyak individu. Dengan penekanan pada rincian interior yang menggabungkan gaya modern dan kenyamanan, Ayla menawarkan pengalaman mengemudi yang luar biasa. Interior Daihatsu Ayla adalah manifestasi kreativitas dan keahlian teknis, di mana setiap elemen dirancang dengan cermat untuk menciptakan perpaduan desain yang menarik dan kenyamanan yang tak dapat diabaikan.

Pada tanggal 10 Maret 2023, Daihatsu Ayla 2023 resmi diperkenalkan dalam Gaikindo Jakarta Auto Week (JAW). Penting untuk diketahui bahwa meskipun harganya terjangkau, spesifikasi Ayla Gen-2 tetap memiliki keistimewaan. Daihatsu telah memberikan penyegaran pada eksterior, interior, fitur, dan mesin Ayla. Tersedia total 9 varian yang dapat dibeli di Indonesia, mulai dari Ayla 1.0 M, 1.0 X, 1.2 X, hingga varian Astra Daihatsu Styling (ADS).

Desain Eksterior yang Kekinian

Spesifikasi Daihatsu Ayla 2023 untuk eksterior sangat berbeda dari Generasi Pertama. Bodinya terlihat lebih besar, memberikan kesan tangguh dan bertenaga. Meskipun begitu, logo garuda masih tampak pada grille depan, mengingat mobil ini termasuk dalam segmen LCGC.

Ciri khas eksteriornya termasuk lampu depan LED yang dimulai dari varian Ayla 1.2 R. Pelek berukuran 14 inci dengan desain 8 palang berwarna gun metal hadir pada varian 1.0 X. Sedangkan untuk Daihatsu Ayla ADS, perbedaannya terletak pada penampilan front body kit dan bumper blackout, lampu LED daytime running light (DRL), dan grille depan dengan hiasan.

“Dalam hal desain, tampilan eksterior All New Astra Daihatsu Ayla tampil powerful, dan aggressive,”

Dijelaskan dalam rilis resmi Daihatsu

Tampilannya sangat istimewa, terutama karena Ayla Gen-2 memiliki varian ADS (Astra Daihatsu Styling). Eksterior semakin sporty dengan adanya body kit. Stiker bertuliskan ADS terpasang di samping bodi, serta penggunaan velg hitam berukuran 14 inci yang dipasangkan dengan ban 175/65. Ciri khas lain dari Daihatsu Ayla ADS adalah lampu LED daytime running light yang terletak secara horizontal di bagian bawah bemper.

Baca Juga :  Dunlop Sp Sport Lm703: Ban Mobil Berkualitas Tinggi Dengan Performa Maksimal

Daihatsu juga menawarkan Ayla 1.0 M MT dengan harga hanya Rp 134 juta (OTR Jakarta). Mobil ini dapat dikenali dari eksterior yang menggunakan velg kaleng dengan ukuran 155/80 R13.

Berdasarkan spesifikasi di situs resmi Daihatsu, dimensi terbaru Ayla memiliki panjang 3.760 mm, lebar 1.665 mm, dan tinggi 1.515 mm. Wheelbase mobil kecil ini adalah 2.525 mm, dengan ground clearance sebesar 160 mm.

Interior Lebih Modern dan Futuristik

Selain perubahan eksterior yang lebih besar, interior Daihatsu Ayla 2023 juga tampil lebih modern dan futuristik. Meskipun tidak semodern Agya Gen-2.

“Pada sisi interior, All New Ayla juga tampil sporty dengan mode advance feeling memberikan sensasi berkendara yang human oriented dan fun to drive, ditambah area kabin dan bagasi yang lebih luas membuat aktivitas berkendara menjadi lebih nyaman,”

Dijelaskan dalam rilis resmi Daihatsu

Perubahan ini memengaruhi penampilan interior generasi kedua Ayla yang semakin mirip dengan Daihatsu Rocky. Perubahan ini tercermin dalam penggunaan head unit floating berukuran 7 inci dengan konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay. Sayangnya, perubahan ini tidak mencakup panel instrumen yang masih analog, bukan menggunakan TFT.

Fitur kenyamanan lainnya yang ditambahkan pada interior termasuk Engine Push Start untuk menghidupkan dan mematikan mesin. Juga terdapat E-latch Backdoor dan pengaturan Tilt Steering. Selain itu, fitur keyless entry, auto rear wiper, dan AC digital juga hadir.

Bagian jok masih menggunakan material kain dengan dua warna. Mengenai ruang kabin, interior Ayla tetap menggunakan konfigurasi 2+3 yang dapat menampung hingga 5 orang. Meskipun begitu, karena ukuran eksteriornya lebih besar, ruang dalamnya tentu lebih luas, termasuk bagasinya.

Fitur Keselamatan Ayla 2023

Bicara mengenai fitur, spesifikasi Daihatsu Ayla 2023 jauh lebih lengkap daripada Generasi Pertama. Terutama dalam hal keselamatan, ada dual SRS Airbag, sistem pengereman anti-lock braking system (ABS), dan distribusi pengereman elektronik (EBD), serta pengingat penggunaan seat belt untuk pengemudi dan penumpang.

Baca Juga :  Bridgestone Battlax Adventure A41Bk: Ban Motor Yang Cocok Untuk Petualangan Anda

Selanjutnya, terdapat fitur HSA (Hill Start Assist) yang mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa waktu. Ada juga VSC (Vehicle Stability Control) yang menjaga stabilitas kendaraan selama berkendara, dengan mendeteksi dan mencegah tergelincirnya ban mobil (oversteer dan understeer) saat berbelok.

Bahkan pada Varian Ayla ADS, ditambahkan kamera parkir belakang untuk memudahkan saat parkir.

Harga Daihatsu Ayla 2023

Harga terbaru Mobil Ayla dimulai dari Rp 134 juta untuk varian 1.0 M MT. Sedangkan varian paling mahal mencapai Rp 189,9 juta untuk varian 1.2 R CVT ADS.

Berikut daftar harganya:

  • Ayla 1.0 M MT Rp 134 juta
  • Ayla 1.0 X MT Rp 146,9 juta
  • Ayla 1.0 X CVT Rp 166,9 juta
  • Ayla 1.0 X MT ADS Rp 152,8 juta
  • Ayla 1.0 X CVT ADS Rp 172,8 juta
  • Ayla 1.2 R MT Rp 164 juta
  • Ayla 1.2 R CVT Rp 184 juta
  • Ayla 1.2 R MT ADS Rp 169,9 juta
  • Ayla 1.2 R CVT ADS Rp 189,9 juta

Dengan perubahan yang mencolok pada interior, Daihatsu Ayla 2023 tidak hanya menampilkan desain eksterior yang lebih besar, namun juga merangkul modernitas dan kesan futuristik dalam setiap detailnya. Dengan demikian, Daihatsu Ayla Gen-2 mempersembahkan solusi mobil kompak yang tak hanya andal dalam desain eksterior, tetapi juga memberikan pengalaman berkendara yang menyenangkan dan modern dari dalam.

Referensi: Firdaus Ali (2023). 6 Spesifikasi, Harga, dan Review Daihatsu Ayla 2023. Moladin. https://moladin.com/blog/spesifikasi-daihatsu-ayla-2023-dan-harganya/

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags