Busi Motor Vario: Spesifikasi, Harga, Rekomendasi, Dan Tips

ngulasmerk

busi motor vario

Selamat datang di artikel ini! Saya ingin membahas tentang busi motor vario, sebuah komponen penting pada mesin motor vario. Dalam artikel ini, saya akan memberikan informasi mengenai spesifikasi, harga, rekomendasi, dan tips untuk memilih dan merawat busi motor vario dengan baik.

Tipe BusiCR7E
Jenis ElektrodaNgk
Ukuran14mm
Tegangan12V
HargaRp 50.000 – 75.000
RekomendasiYamaha Genuine Part
Cara Membeli

Spesifikasi Produk

Busi motor vario memiliki spesifikasi yang berbeda-beda tergantung pada tipe mesin dan merek busi yang digunakan. Namun, secara umum, busi motor vario memiliki ukuran 14mm dan tegangan 12V. Jenis elektroda yang digunakan juga berbeda-beda, namun busi dengan merek NGK sangat populer di kalangan pengguna motor vario karena kualitasnya yang baik.

Busi motor vario juga memiliki masa pakai yang terbatas dan perlu diganti secara berkala agar mesin motor dapat berfungsi dengan baik. Masa pakai busi motor vario bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan motor dan jenis busi yang digunakan.

Harga Produk

Harga busi motor vario bervariasi tergantung pada merek dan kualitasnya. Untuk busi motor vario dengan merek Yamaha Genuine Part, harga berkisar antara Rp 50.000 – 75.000. Namun, harga dapat berbeda-beda tergantung pada tempat pembelian dan kondisi pasar.

Rekomendasi Produk

Sebagai pengguna motor vario, disarankan untuk menggunakan busi dengan merek Yamaha Genuine Part untuk memastikan kualitas dan keamanannya. Busi dengan merek NGK juga dapat dijadikan pilihan alternatif yang baik karena kualitasnya yang terbukti baik dalam penggunaan pada mesin motor vario.

Baca Juga :  Review Shockbreaker Motor Scoopy

Cara Membeli

Busi motor vario dapat dibeli di dealer resmi Yamaha atau toko suku cadang motor terdekat. Pastikan untuk membeli busi dengan merek yang terpercaya dan berkualitas untuk menghindari kerusakan pada mesin motor vario.

Tips Memilih dan Merawat Busi Motor Vario

Berikut adalah beberapa tips untuk memilih dan merawat busi motor vario:

  1. Pilih busi dengan merek terpercaya dan berkualitas untuk memastikan kualitas dan keamanannya.
  2. Jangan menggunakan busi palsu karena dapat merusak mesin motor dan mengancam keselamatan pengendara.
  3. Ganti busi secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik untuk menjaga kinerja mesin motor yang optimal.
  4. Cek kondisi busi secara rutin untuk memastikan tidak ada kerusakan atau keausan yang dapat mengganggu kinerja mesin motor.
  5. Rutin membersihkan busi dengan menggunakan sikat halus untuk menghilangkan kotoran atau kerak pada elektroda.
  6. Tidak menggunakan pelumas pada busi karena dapat mengganggu kinerja busi dan mesin motor.
  7. Simpan busi di tempat yang kering dan terlindung dari debu atau kotoran untuk menjaga kualitas dan kinerjanya.
  8. Memperhatikan tanda-tanda kerusakan pada busi seperti suara mesin yang tidak stabil atau konsumsi bahan bakar yang meningkat.

FAQ

  • Q: Apa itu busi motor vario?
  • A: Busi motor vario adalah komponen pada mesin motor vario yang berfungsi untuk membakar campuran udara dan bahan bakar di dalam ruang bakar.
  • Q: Berapa lama umur pakai busi motor vario?
  • A: Umur pakai busi motor vario bervariasi tergantung pada kondisi penggunaan motor dan jenis busi yang digunakan. Namun, umumnya busi motor vario perlu diganti setiap 10.000 – 20.000 kilometer atau 1 – 2 tahun sekali.
  • Q: Apa efek dari penggunaan busi yang tidak sesuai?
  • A: Penggunaan busi yang tidak sesuai dapat menyebabkan kerusakan pada mesin motor dan mengurangi kinerjanya. Selain itu, penggunaan busi yang tidak sesuai juga dapat mengancam keselamatan pengendara.
  • Q: Apakah busi motor vario perlu dirawat?
  • A: Ya, busi motor vario perlu dirawat secara rutin untuk menjaga kinerjanya. Beberapa cara merawat busi motor vario antara lain dengan membersihkan elektroda, memeriksa kondisi secara rutin, dan mengganti secara berkala sesuai dengan rekomendasi pabrik.
Baca Juga :  Ban Motor Beat

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari busi motor vario:

Kelebihan:

  • Memastikan kinerja mesin motor yang optimal
  • Memberikan penghematan bahan bakar
  • Meningkatkan keamanan pengendara

Kekurangan:

  • Memerlukan penggantian secara berkala
  • Harga yang relatif mahal
  • Tidak dapat digunakan pada motor dengan jenis busi yang berbeda

Tips

Memilih dan merawat busi motor vario dengan baik dapat membantu menjaga kinerja mesin motor yang optimal dan meningkatkan keamanan pengendara. Pastikan untuk memilih busi dengan merek terpercaya dan berkualitas, serta merawatnya secara rutin sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Artikel Terkait

Bagikan:

Avatar

ngulasmerk

Saya adalah penulis artikel berpengalaman dengan lebih dari 7 tahun pengalaman. Menulis adalah passion saya, dan saya selalu berupaya memberikan konten berkualitas tinggi.

Tags